Jumat, 05 Februari 2010

Setelah kelompok kami ( Kelompok 2 ) mengadakan kunjungan selama 2 hari, Senin-Selasa, 15-16 Juni 2009 ke Pimpinan Cabang Muhammadiyah Salaman dapat kami sampaikan hal-hal yang menjadi bahan pertanyaan dari kami antara lain :

1. Sejarah berdirinya PCM (Pimpinan Cabang Muhammadiyah) Salaman

Sejarah awal
Muhammadiyah Cabang Salaman yang secara organisatoris berdiri sejak 29 tahun yang lalu, tahun 1958 Sumarlan, seorang Mantri kesehatan dari Srumbung ditugaskan oleh Pemerintah Salaman. Saat itulah mulai berkumpul orang-orang yang berasosiasi atau berpaham Muhammadiyah dan kemudian ada yang menguati organisasi baru tersebut dengan harta benda dan fasilitas lainnya seperti Noto Sudiro dan Hamron Afandi ( dikenal seorang ahli pidato ). Kemudian tokoh dan sesepuh masyarakat yang berasosiasi Muhammadiyah, setelah bubarnya Masyusi, berhasil menyusun pengurus Muhammadiyah Cabang Salaman dengan ketua Noto Sudarmo, Sekretaris D Hadi Suyitno dan Bendahara Somadi, dibantu tokoh-tokoh lain seperti Dahri Banjarharjo, Darori dari Jetis Ngadirejo, Jaelani, Rahmad Sunandar, Cipto Permono ( Sarju ), M. A Sukarman. Kegiatan yang mula-mula diselenggarakan adalah pengajian selapanan pada hari Ahad Legi dengan Mubaligh dari Yogyakarta antara lain : Suhada, Sadjijo, Amrullah, Amin Bahrun dan Ibu Situ Hadjijah.
Pusat organisasi waktu itu di Kaliabu, sehingga kegiatan-kegiatan apa saja yang ada di Salaman banyak dipusatkan di Kaliabu mengingat di Kaliabu ada Ulama yang berkecimpung dalam Muhammadiyah yaitu Kyai Muhyidin yang pernah mondok di Jamsaren Solo yang ahli agama. Selain beliau, ada tokoh seperti Yusuf Ridwan yang sering melakukan pengajian di Sabrangrowo, Borobudur.


2. Struktur Organisasi PCM (beserta majelis-majelisnya)
(sekarang)






Majelis-majelis PCM Salaman :
1. Majelis Tabligh dan dakwah khusus, ketua : Moh Dardiri BA
2. Majelis Didasemen, Ketua : Suprapto Spd
3. Majelis Ekonomi, Ketua Agus jati Sudiro Spd
4. Majelis wakaf dan Baziz, Ketua Ta’sis
5. Majelis Kader, Ketua Sugeng Haryanto Spd
6. Majelis MKKM ( Majelis Kesehatan Kesejahteraan Masyarakat ), Ketua Mursita M. Kes

Tidak ada komentar:

Posting Komentar